Gaji Lulusan STMKG – Syarat Daftar, Tunjangan dan Peluang Kerja 2022

Sekarang memang lagi ramai – ramainya orang yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi seperti ke STMKG karena gajinya ya begitu menggiurkan. Jadi tak heran jika banyak orang yang mempertanyakan tentang Gaji Lulusan STMKG.

Bagi kamu yang mencari tahu tentang STMKG ini, apakah kamu semua sudah mengetahui tentang STMKG ini? kalau kamu belum mengetahuinya, maka sekarang kamu telah masuk pada situs yang tepat sob.

Sebenarnya STMKG ini merupakan salah satu singkatan dari Universitas Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika sob. Sekolah tinggi yang satu ini memang begitu bermanfaat sekali bagi kamu yang gemar dengan keadaan alam.

Sekolah kedinasan ini memang menjadi salah satu keinginan yang sangat di impikan oleh para remaja yang baru lulus SMA/SMK sederajat.

Cita – cita yang dimiliki oleh semua orang tentunya berbeda – beda ya sob. Mungkin di indonesia ini banyak sekali orang yang berminat sekolah kedinasan seperti STMKG ini untuk melanjutkan cita – cita yang kamu inginkan.

Sekolah tinggi seperti STMKG ini memang setiap bulannya selalu memamerkan keahlian meteorologi bagi para pemula, ahli gempa, ahli iklim beserta teknisi perangkat BMKG.

STMKG memang merupakan salah satu universitas yang telah diresmikan dari lembaga BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika).

Jika Kamu ingin menjadi bagian dari BMKG ini tentunya ini menjadi salah satu hal yang begitu membanggakan sekali ya sob. Dengan begitu, maka kamu juga akan bisa membantu orang untuk mengetahui keadaan iklim yang terjadi.

Namun, sebelum kamu benar – benar ingin bekerja di BMKG, maka kamu juga harus memulai pendidikan khusus terlebih dahulu yaitu harus sekolah tinggi seperti di STMKG.

Karena banyaknya orang yang mendaftar menjadi BMKG, maka tak sedikit juga orang yang mempertanyakan hal seperti Gaji Lulusan dari STMKG ini sob.

Pastinya kamu begitu penasaran kan dengan Gaji yang didapatkan oleh lulusan STMKG ini? Tenang sob, kamu tak perlu khawatir tentang hal itu. Kamu bisa langsung menyimak berbagai informasinya dibawah ini ya.

Sejarah Tentang Pendidikan STMKG

Sejarah Tentang Pendidikan STMKG

Bagi kamu yang sekarang ini ingin melanjutkan sekolah kedinasan di STMKG, maka sebaiknya kamu ketahui saja terlebih dahulu sejarah mengenai STMKG ini sob.

Karena, jika kamu sudah mengetahui sejarah dari STMKG ini, maka nantinya kamu akan lebih memahami tentang pendidikan tersebut sob. Tentunya akan memudahkan kamu semua untuk menggapai cita – cita yang kamu inginkan.

Pada awal mulanya STMKG ini berdiri didaerah Bandung pada tahun 1955 dengan nama AMG (Akademi Meteorologi dan Geofisika). Lebih tepatnya kampus ini terletak di ITB (Institut Teknologi Bandung).

Namun, di tahun 1960 AMG pindah di daerah jakarta, yang lebih tepat nya terdapat di Jalan Arief Rakhman Hakim No.3 jakarta pusat.

Di tahun 1978 AMG ini telah berubah nama hingga menjadi BPLMG (balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika). Pada saat itu statusnya sebagai Badan Diklat Dapartemen Perhubungan (Km.55/OT/PHB-1978 bertepatan pada tanggal 31 Maret 1978).

Akan tetapi, pada tahun 2000, BPLMG ini telah berubah kembali namanya menjadi AMG yang didasari oleh pendidikan dan pelatihan Dapartemen Perhubungan (SK Menhub No. KM 82 tahun 1999 tepatnya pada tanggal 13 Oktober 1999).

Pada saat itu kampus telah dipindahkan ke Jalan Per transportasi 1, Pondok Aren, Pondok Sholat, Tanggerang Selatan, Banten.

Hingga tahun 2004 AMG masih tetap berada di Dinas Pendidikan dan Pelatihan dengan keputusan Menteri Perhubungan No.72 atau lebih tepatnya tanggal 10 Februari 2002.

Tak berhenti sampai disini saja lho sob, pada tanggal 1 Januari 2005 AMG ini membentuk BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika) yang bertujuan untuk LPND (Lembaga Pemerintah Non Dapartemen) berdasarkan SK KBMG No.003 Tahun 2004.

Dengan banyaknya sejarah yang telah di lewati ini, akhirnya sekarang telah terbentuklah BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika).

Nah, bagi kamu semua yang ingin melanjutkan pendidikan menjadi BMKG, maka kamu harus melakukan pendidikan khusus terlebih dahulu seperti STMKG ini ya sob.

Namun, jika kamu ingin mendaftar perguruan tinggi seperti STMKG ini, maka ada syarat – syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya simak saja pembahasan berikut.

Baca Juga : Gaji Karyawan Shopee Express Indonesia Semua Jabatan/Posisi 2022

Syarat Masuk Pendidikan STMKG

Syarat Masuk Pendidikan STMKG

Dengan gaji yang begitu menggiurkan, mungkin banyak orang yang berminat untuk masuk pendidikan STMKG ini sob. Pastinya kamu juga salah satu orang yang berminat masuk STMKG ini bukan?

Bila kamu juga ingin mendaftar, mungkin tidak semudah yang kamu bayangkan ya sob. Karena memang ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu agar lolos dalam pendidikan STMKG ini.

Memang banyak orang yang belum mengetahui apa saja syarat untuk mendaftar STMKG ini. Jika kamu berminat, silahkan kamu cek langsung persyaratan mendaftar pendidikan STMKG seperti berikut ini.

  • Pria/Wanita
  • Tinggi badan pria minimal 163 cm dan wanita minimal 155 cm
  • Usia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun
  • Sehat jasmani maupun rohani
  • Warga negara indonesia (WNI)
  • Tidak buta warna. Bila menggunakan kacamata batas maksimalnya yaitu -2, sherperis dan tidak mengalami silinder
  • Tidak narkoba
  • Siap untuk ditempatkan di mana saja
  • Dilarang untuk menjalani dinas lainnya
  • Jika kamu lulusan SMK, maka kamu bisa daftar untuk program studi instrumentasi saja
  • Belum melakukan pernikahan dan harus siap tidak menikah selama proses pendidikan
  • Pastikan lulus SMA/MA jurusan IPA
  • Nilai kelas XII SMA/MA/SMK semester 3,4,5 mapel Fisika, Bahasa Inggris, Matematika minimal 70 (Skala 100)
  • Siap menerima ketentuan yang berlaku apabila bekerja di BMKG apabila telah dinyatakan lulus
  • Sudah lulus SMK dalam jurusan Teknik Mekatronika, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Teknik Elektronika, Teknik Komputer & Jaringan, Teknik Jaringan Akses

Jadi itu dia sob beberapa syarat yang harus kamu penuhi apabila ingin melanjutkan pendidikan di STMKG ini. Syarat yang diperlukan ini begitu banyak sekali ya sob.

Untuk syarat para calon yang telah dinyatakan diterima yaitu sebagai berikut :

  • Telah memenuhi semua persyaratan seperti yang telah kami sebutkan diatas
  • Lulus dalam melakukan Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMK
  • Memiliki ijazah SMA/MA/SMK
  • Telah dinyatakan lolos dan nilai memenuhi batas Tes Kemampuan Dasar (TKD)
  • Lulus dalam tes wawancara, kesehatan, dan juga tes kemampuan akademik

Peluang Kerja Lulusan STMKG

Peluang Kerja Lulusan STMKG

Jika kamu melanjutkan pendidikan di STMKG, tentunya setelah lulus kamu akan mendapatkan peluang kerja. Kamu tak perlu memikirkan bagaimana untuk bekerja jika melanjutkan pendidikan di STMKG ini sob.

Setelah lulus dari STMKG ini tentunya kamu akan bisa menentukan cuaca, kondisi alam dan juga yang lainnya. Pasti juga nantinya kamu akan menjadi salah satu pegawai di BMKG apabila telah menyelesaikan pendidikan di STMKG ini sob.

Tak hanya itu saja lho, kamu juga akan di jamin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tentu saja peluang kerja lulusan STMKG ini begitu menjanjikan sekali bukan?

Makanya sekarang ini memang banyak sekali peluang bagi kamu yang ingin mendaftar menjadi mahasiswa baru di STMKG. Dengan begitu, maka hidup kamu juga akan lebih terjamin dengan pekerjaan yang begitu memuaskan.

Jika kamu memiliki minat untuk melanjutkan pendidikan tinggi di STMKG, maka kamu perlu memenuhi semua syarat yang dibutuhkan seperti yang telah kami sebutkan pada pembahasan diatas ya sob.

Info Gaji Lulusan STMKG

Info Gaji Lulusan STMKG

Karena banyaknya orang yang berminat masuk di STMKG ini sob, jadi memang tidak sudah diherankan lagi apabila banyak yang menanyakan tentang Gaji Lulusan STMKG ini.

Mungkin sebagian di antara kamu semua masih banyak yang belum mengetahui terkait Gaji Lulusan STMKG ini. Namun kamu semua jangan khawatir lagi ya, karena admin clearviewoudio.com akan memberitahukannya kepada kamu semua sob.

Karena pegawai BMKG ini memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), maka besar gaji yang harus diterima yaitu berdasarkan Peraturan Pemerintah No.7 Tahun 1977 yang berisi tentang Peraturan Penggajian Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Gak usah berlama – lama lagi yuk langsung lihat saja beberapa daftar gaji lulusan STMKG ini.

  • Gaji terendah yang akan diterima PNS/ASN Golongan I a, masa kerja 0-1 tahun yaitu Rp. 560.000.
  • Gaji dari PNS/ASN Rekrutmen D3 dengan Golongan II c, masa kerja 0-1 tahun yaitu Rp. 2.301.800.
  • Gaji tertinggi PNS/ASN kelas IV e, masa kerja 32 tahun dengan gaji yaitu Rp. 5.901.000.
  • Gaji PNS/Rekrut AS1 Golongan III a, masa kerjanya 0-1 tahun menerima gaji sebesar Rp. 2.802.300.

Gaji yang ditawarkan bagi lulusan STMKG ini memang terbilang cukup besar ya sob. Jadi memang banyak sekali peminatnya karena gaji nya juga yang terbilang maksimal.

Baca Juga : Daftar Gaji Karyawan J&T Beserta Sistem Gaji Perusahaannya Semua Bagian 2022

Program Studi STMKG

Program Studi STMKG

Seperti yang telah kami jelaskan dalam pembahasan diawal, bahwa STMKG ini memang memiliki sejarah yang begitu panjang. Sehingga tak banyak orang yang mengetahui mengenai STMKG ini.

Namun kamu tau gak sih sob, bahwa STMKG ini memang memiliki beberapa program studi. STMKG memang memiliki beberapa jurusan dan juga beberapa program studi yang harus kamu ketahui seperti dibawah ini.

1. D4 Meteorologi

Meteorologi ini memang merupakan salah satu ilmu cuaca yang merupakan ilmu alam yang telah mencangkup kimia atmosfer dan juga fisika atmosfer yang ditekankan pada ilmu perkiraan cuaca.

Pada program studi yang satu ini memang sudah lama sekali dilakukan oleh ribuan tahun dan sampai sekarang ini memiliki kemajuan yang signifikan.

Pada perkembangan komputer yang memadai, akhirnya pada abad ke-20 prakiraan cuaca yang ada menjadi mungkin.

2. D4 Klimatologi

Klimatologi ini merupakan salah satu program studi yang membahas tentang iklim dan secara ilmiah dapat di definisikan sebagai kondisi cuaca yang rata – rata dalam periode waktu yang cukup lama.

Dalam bidang penelitian, klimatologi ini dikategorikan dalam ilmu atmosfer dan juga bidang geografi fisik. Klimatologi ini pun mencangkup beberapa aspek yang ada di lautan dan biogeokimia.

3. D4 Geofisika

Geofisika merupakan program studi yang mempelajari ilmu kebumian menurut kaidah atau prinsip fisika. Hal yang satu ini memang termasuk dalam meteorologi, fisika ionosfer dan juga listrik atmosfer.

Tujuan dari Geofisika ini yaitu untuk mengetahui kondisi yang ada di bawah permukaan bumi.

Jadi itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai Gaji Lulusan STMKG. Semoga ulasan yang kami berikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk kamu semua ya sob.