KineMaster Pro

KineMaster Pro merupakan sebuah aplikasi editor video yang mendapatkan review cukup banyak dari pada penggunanya di Play Store. Nah, jika Anda tertarik dengan dunia video editing, maka apliksai ini sangat cocok bagi Anda.

Apa yang membuat KineMaster berbeda dari aplikasi lain, misalnya Alight Motion Pro dan VivaVideo Pro. Banyak review yang mengatakan bahwa aplikasi ini memiliki berbagai keunggulan sehingga mudah digunakan oleh pemula. Hasil editan yang didapat pun bisa menyamai hasil editan menggunakan software profesional.

Review KineMaster Video Editor

Berikut ini adalah ulasan lengkap yang membuat KineMaster begitu diminati.

1. Basic Video Editing

Basic-Video-Editing

Nah, hal yang paling disukai adalah adanya fitur basic editing video, seperti Cut, Trim, Merge, dan juga Audio Track. Berikut adalah penjelasannya.

a. Cut

Cut adalah fitur memotong video. Jadi, misalkan videonya berdurasi 2 menit, maka kita bisa melakukan cut selama 1 menit dan mengabaikan 1 menit sisanya.

b. Trim

Trim adalah fitur yang hampir sama dengan Cut, namun Trim tidak menghilangkan video yang dipotong. Jadi, misalkan video berdurasi 2 menit, maka bisa di-trim menjadi 1 menit dan 1 menit. Fitur ini sangat cocok untuk editor video Youtube dan Instagram.

c. Merge

Merge sendiri merupakan fitur menggabungkan 2 atau lebih video menjadi satu. Di KineMaster, proses Merge pun bisa dilakukan dengan berbagai transisi yang menarik antar video. Dengan adanya fitur Merge, para pengguna bisa menggabungkan banyak video dengan mudah.

d. Audio Track

Audio Track adalah penambahan audio pada video yang sedang diedit. Penambahan audio ini bisa digunakan untuk menggantikan audio asli secara keseluruhan, atau bisa juga sebagai audio tambahan.

2. Free Music Database

Free Music Database

Adanya Free Music Database di dalam KineMaster Pro juga membuat aplikasi ini sangat diminati, lagi-lagi oleh para editor video Youtube dan Instagram dimana background music merupakan salah satu hal yang harus ada untuk ditambahkan.

Bagaimana cara mengakses Free Music Database? Pengguna bisa masuk ke menu dan tap pada Add Music, nantinya pengguna akan diminta memilih apakah ingin menggunakan music Mp3 yang sudah tersimpan di ponsel atau ingin menggunakan database KineMaster.

Dengan adanya Free Music, maka editor video tinggal memilih audio background yang cocok dengan tema video tanpa khawatir terkena copyright strike di Youtube ataupun Instagram.

3. Free Image Database

Free-Image-Database

Sama seperti Free Music Database, pengguna sebenarnya bisa menggunakan foto yang ada di internet atau yang sudah disimpan di memori internal hape. Namun, terkadang penggunaan sembarang gambar bisa menyebabkan video terkena klaim hak cipta.

Untuk menghindari hal semacam ini, maka KineMaster sudah menyediakan gambar gratis yang bisa diambil sesuka hati untuk mempercantik video yang sedang diedit.

4. Quick Import

Quick Import

Import video adalah proses memasukkan sebuah video yang sudah jadi untuk diolah di dalam software. Proses import sendiri bisa memakan waktu yang lama mengingat aplikasi akan melakukan proses pemecahan komponen video dari mulai audio, gambar, dan lain sebagianya.

Namun, dengan menggunakan KineMaster, apalagi KineMaster Pro version, maka proses import video ini hanya memakan waktu beberapa detik.

5. Quick Rendering

Quick Rendering

Bila import adalah proses pengambilan video untuk kemudian diedit di dalam aplikasi, maka rendering adalah proses mengolah dan menyatukan berbagai editan video agar hasilnya menjadi lebih halus dan enak dilihat.

Proses rendering sendiri memang menjadi momok yang menakutkan bagi para editor video, terutama yang menggunakan smartphone. Pasalnya, proses rendering bisa memakan waktu hingga 30 menit dan bisa mengalami kegagalan.

6. Quick Export

Quick Export

Lho, selain rendering, ternyata juga ada export. Apa bedanya? Rendering hanyalah menyatukan berbagai komponen video yang telah diedit, sementara export adalah “menerbitkan” sebuah video baru dari video editan. Di KineMaster versi pro, proses export bisa berjalan dalam hitungan detik.

7. Pilihan Format Yang Beragam

Pilihan Format Yang Beragam

Pilihan format yang tersedia di KineMaster antara lain adalah Mp4, WEBV, FLV, MKV, AVI, bahkan sampai HEVC. Ini adalah pilihan format yang sangat beragam yang tidak dimiliki video editor lainnya sehingga memudahkan para editor video dalam memilih dan berkreasi.

Fitur KineMaster Pro

Setelah mengetahui fitur dari KineMaster free version di atas, lantas apa yang membuat KineMaster Pro menjadi lebih istimewa? Ternyata ada beberapa fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh KineMaster free version dan tersedia hanya di Pro Version.

1. Decoder

Decoder

Oke, sekarang kita masuk ke fitur yang mungkin terdengar aneh bagi orang awam. Apa itu decoder?

Masih ingat dengan fitur import yang sudah kita bahas di atas? Nah, fitur decoder sama dengan import. Bedanya adalah decoder melakukan pemecahan video dengan lebih detail. Dengan mengedit video hasil decoding, maka kualitas editan akan lebih halus dan lebih eye-catching.

2. Encoder

Encoder

Apa bedanya encoder dan decoder? Nah, jika decoder adalah serangkaian proses import, maka encoder berada di sisi satunya, yakni export.

Setelah melalui proses encoding, maka hasil editan akan jauh lebih halus dan tampak lebih menyatu. Selain itu, fitur encoding juga akan mengompres video menjadi berukuran lebih kecil. Misalkan file video hasil editan mencapai 100 MB, maka setelah encoding bisa menjadi 10 MB.

3. Advanced Editing

Advanced-Editing

Bila di KineMaster free version Anda hanya bisa melakukan editing sederhana seperti Cut, Trim, Merge, dan Audio Track, maka di KineMaster Pro Version Anda bisa melakukan lebih banyak editing. Berikut adalah beberapa fitur editing dari pro version.

a. Multiple Audio Track

Fitur Multiple Audio Track adalah fitur untuk menambahkan beberapa audio dalam satu video. Sebenarnya di free version Anda juga bisa melakukannya, namun harus satu per satu. Artinya, video di-export dulu, kemudian import lagi dan tambahkan audio lagi.

Nah, di Pro version, hal itu tidak perlu dilakukan. Cukup tambahkan sebanyak apapun audio yang Anda inginkan tanpa harus memulai proses editing dari awal.

b. Smoothen Audio

Pernahkah Anda menonton video dengan suara background yang menutupi suara asli videonya sehingga informasi menjadi tidak jelas? Bila diedit di KineMaster Pro version, hal itu tidak lagi jadi masalah.

Smoothen audio adalah fitur yang memungkinkan aplikasi untuk mendeteksi adanya peningkatan volume pada video asli. Bila ada peningkatan volume pada video asli, maka secara otomatis audio background akan diperkecil volumenya.

c. Scene by Scene Editing

Scene by scene editing adalah fitur yang paling digemari oleh para editor profesional. Fitur Scene by Scene Editing memungkinkan pengguna untuk melakukan editing video per frame untuk hasil yang lebih smooth dan juga profesional.

Misalkan, dalam video berdurasi 1 menit terdapat kilatan cahaya yang terlalu silau pada detik ke 10, maka editor bisa masuk ke frame ke-10 dan mengurangi silau dengan mengatur brightness video.

4. Background process

Background-process

Setelah membahas fitur advanced editing yang cukup panjang, sekarang kita beralih ke fitur lainnya, ya. Kali ini kita bicara tentang background process. Apa itu background process? Ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menutup aplikasi tanpa menghentikan proses di dalamnya.

Misalkan saja kita sedang melakukan encoding atau decoding yang mungkin memakan waktu tidak lama. Namun, tiba-tiba kita harus membuka aplikasi lain yang cukup berat untuk urusan lain yang lebih penting. Maka cukup close aplikasi KineMaster Pro Full Version. Dan proses akan tetap berjalan.

5. Multiple Video Editing

Multiple Video Editing

Berapa banyak tab video editing yang bisa Anda buka? Sebanyak-banyaknya selama RAM HP Anda mencukupi. Bila dirasa editing sudah mulai lemot, maka Anda mungkin membuka terlalu banyak RAM. Jadi, sesuaikan saja dengan kemampuan HP Anda.

6. No Watermark

No Watermark

Watermark tentu tidak bisa diajak kompromi, apalagi bila Anda seorang Youtuber. Tidak mungkin Anda secara tidak langsung “mengiklankan” video editor di dalam video Anda, kecuali Anda dibayar, ya. Untuk mengatasinya, gunakanlah KineMaster Pro version yang tidak menampilkan watermark apapun.

Jenis dan Spesifikasi KineMaster Pro APK

KineMaster Pro sendiri tersedia dalam berbagai jenis. Setiap jenisnya memiliki keunikan masing-masing mulai dari interface yang menarik sampai dengan fitur unggulan yang khusus dibuat untuk versi tersebut. Apa saja jenis KineMaster versi pro dan modifikasi yang tersedia? Ini dia ulasannya.

1. KineMaster Pro Mod APK

KineMaster Pro Diamond apk

Ini adalah jenis pertama yang keluar dalam bentuk pro version dan termodifikasi. Fitur yang ada di spesifikasi ini adalah sebagai berikut.

  • Merging Video, image, dan running text.
  • Frame cutting feature
  • Real-time audio recording.
  • Noise Filter
  • Layer pengeditan yang bisa ditambahkan
  • Kemudahan berbagai video di berbagap platform sosmed.
  • Video speed controller

Berikut adalah spesifikasi detail dari versi ini.

NamaKinemaster Pro mod APK
Versi4.10.8
Updated21/02/2020
OSAndroid 3.1 up
Ukuran51 MB
Link downloadDownload Kinemaster Pro Mod APK

2. KineMaster Indonesia APK

KineMaster Indonesia APK

KineMaster Indonesia APK adalah jenis KineMaster Pro yang sudah terinstal Bahasa Indonesia sebagai bahasa defaultnya. Jadi, ini akan memudahkan para pengguna yang kurang paham Bahasa Inggris. Apa saja fitur yang ada di KineMaster Indonesia APK?

  • No Watermark
  • Koreksi Warna
  • Dark Mode untuk pengeditan lebih nyaman
  • 4K Supported
  • Bisa membuat reverse video
  • Cutting video dengan frame yang kecil
  • Interface yang lebih mudah dan menarik untuk digunakan

Berikut adalah spesifikasi lengkapnya.

NamaKinemaster Indonesia APK
Versi7
Updated10/04/2020
OSAndroid 4.0 up
Ukuran78 MB
Link DownloadDownload Kinemaster Indonesia APK

3. Cyber KineMaster Apk

Cyber-KineMaster-Apk

Cyber KineMaster adalah versi yang lebih unik. Versi yang Cyber ini memiliki interface menarik dengan berbagai penempatan button yang memudahkan penggunaan. Apa saja fitur yang ada di Cyber KineMaster Pro Apk? Ini dia.

  • No Watermark
  • Variasi rasio video yang sangat beragam
  • Kemampuan mempercepat video hingga lebih dari 15x lebih cepat
  • Image merging untuk disimpan dalam berbagai rate fps.
  • Fitur Green Screen
  • Fitur easy share untuk kemudahan berbagai ke berbagai platform sosmed.

Di bawah ini adalah link download dan spesifikasinya.

NamaCyber Kinemaster APK
Versi4.10.1
Updated10/06/2020
OSAndroid 4.0 up
Ukuran70 MB
Link DownloadDownload Cyber Kinemaster Mod APK

4. KineMaster Premier Pro Apk

KineMaster Premier Pro Apk

Dari namanya, mungkin sudah bisa diduga apa istimewanya versi Premier ini. Ya, KineMaster Premier Pro memiliki interface yang sangat mirip dengan Adobe Premier Pro. Selain interface, inilah beberapa fitur lainnya.

  • Bisa melakukan reverse video
  • Filter video terbaru dan selalu diupdate.
  • HVEC video supported
  • 3 Aspect ratio supported
  • Adobe Premiere Pro interface yang sangat unik
  • Ketersediaan berbagai tema yang menarik
  • Kemudahan berbagai video ke social media.
  • Ada fitur Project Assistant untuk memudahkan pekerjaan
  • Editing video HD
  • Tidak ada ads di dalamnya
  • Terdapat berbagai jenis efek suara yang unik.
  • Banyak pilihan font text
  • Ada fitur pengubahan nuansa warna video secara instan

Berikut ini adalah spesifikasi dan link download KineMaster Premier pro apk.

NamaKinemaster Premiere Pro APK
Versi4.13.18
Updated10/04/2020
OSAndroid 4.0 up
Ukuran68 MB
Link DownloadDownload Kinemaster Premiere Mod APK

5. KineMaster Gold APK

KineMaster Gold APK

Kinemaster versi Gold adalah versi yang cukup diminati karena interface yang terkesan mewah dan futuristik bernuansa emas. Berikut ini adalah beberapa fitur yang ada di KineMaster Gold APK

  • Adanya tambahan efek transisi 3D
  • Bisa mengatur ukuran objek pada video
  • Fitur memperkecil atau memperbesar dan juga menghapus suara sama sekali
  • Akses cepat ke fitur pengatur kecepatan video.
  • Tidak ada watermark.

Di bawah ini adalah spesifikasi dan juga link down load KineMaster Gold APK

NamaKinemaster Gold APK
Versi4.10.20
Updated15/05/2020
OSAndroid 4.2 up
Ukuran90 MB
Link DownloadDownload Kinemaster Gold Mod APK

6. KineMaster Pro Diamond apk

KineMaster Pro Diamond apk

KineMaster Diamond adalah versi modifikasi pro version yang tentunya memiliki beberapa fitur unggulan dibandingkan jenis KineMaster lainnya. Apa saja fitur-fitur unggulannya? Berikut ulasannya.

  • Tidak ada lagi watermark
  • Bisa melakukan editing dalam bentuk multilayer
  • Bisa mengimport berbagai format video
  • Didukung dengan transisi 3D
  • Tersedia pilihan tema yang sangat menarik
  • Kemudahan berbagai video dengan fitur Easy Share
  • Ada pilihan font yang unik untuk text
  • Kemampuan mengubah nuansa video secara cepat melalui satu tombol
  • Interface yang bersih dan futuristik

Berikut ini adalah spesifikasi dan link download KineMaster Diamond Pro

NamaKinemaster Diamond Pro APK
Versi5
Updated11/01/2020
OSAndroid 4.0 up
Ukuran110 MB
Link DownloadDownload Kinemaster Diamond Pro APK

7. KineMaster Premier Pro RUSH

KineMaster Premier Pro RUSH

KineMaster Premiere Pro RUSH sebenarnya adalah KineMaster Premiere Pro yang telah dimodifikasi. Versi RUSH ini memiliki beberapa fitur unggulan yang tidak ada di versi lain sebagai berikut.

  • No Watermark
  • Bisa melakukan perbaikan warna
  • Adanya pilihan font yang terus diupdate.
  • Kemampuan editing dengan layer tanpa batas
  • Kemudahan share di media sosial
  • Adanya fitur multiple video export
  • Bisa menggabungkan video dengan format yang berbeda dengan proses import super cepat.

Berikut ini adalah spesifikasi dan juga link download terbaru KineMaster Premier Pro RUSH

NamaKinemaster Premiere Pro RUSH APK
Versi1
Updated11/02/2020
OSAndroid 4.0 up
Ukuran95 MB
Link DownloadDownload Kinemaster Premiere RUSH Mod APK

Selain versi di atas, ada juga versi pro original yang juga menarik untuk dicoba. Setelah ini, kita akan bahas cara download KineMaster original pro beserta cara instalasinya.

Download KineMaster Pro Original APK

Download KineMaster Pro original Apk

Anda sudah tahu apa saja keunggulan dari KineMaster Pro original. Sekarang, tinggal bagaimana cara kita mendownloadnya secara gratis. Ya, gratis! Biasanya KineMaster yang pro version dipatok dengan harga 30 ribuan di Google Play Store.

Tenang, di sini kami akan membagikan link download KineMaster versi pro secara cuma-cuma. Ini dia langkah downloadnya.

  • Silakan klik pada button bertuliskan Download.
  • Anda akan melihat sebuah tabel muncul dengan keterangan ukuran aplikasi dan lain sebagainya.
  • Di tahap ini, pastikan apliksainya bernama KineMasterpro.apk atau sejenisnya. Intinya, pastikan aplikasinya sesuai.
  • Anda akan diminta menunggu selama kurang lebih 15 detik hingga button bertuliskan Download Now muncul.
  • Klik pada button tersebut dan proses download akan dimulai.

Cara Install KineMaster Pro APK di HP Anda

Cara-Install-KineMaster-Pro-Apk-di-HP-Anda

Setelah Anda mengikuti langkah di atas, maka file APK akan segera terdownload. Sekarang, mari kita siapkan HP Anda untuk proses instalasi aplikasi.

Karena aplikasi ini diunduh di luar Google Play Store, maka Anda harus membuka ijin instalasi khusus dari Android Anda. Bagi yang belum tahu caranya, ikuti langkah berikut.

  • Buka Setting
  • Masuk ke bagian Security
  • Cari 3rd party installation dan tap satu kali hingga muncul tanda centang.

Sekarang, HP Anda sudah memiliki ijin untuk melakukan instalasi dari aplikasi di luar Google Play Store. Kembali ke proses instalasi. Bila Anda menggunakan laptop atau PC untuk mendownload KineMaster Pro apk, maka silakan ikuti langkah berikut untuk memindahkan aplikasi ke HP Anda.

  • Hubungkan HP dan laptop dengan kabel data.
  • Tap pada notifikasi yang muncul di layar HP Anda dan pilih “Use as Media Transfer”.
  • Perhatikan laptop Anda dan buka My Computer. Pilih Removable Disk. Jika belum ada, cabut HP dan colokkan lagi.
  • Jika sudah muncul, silakan copy file unduhan KineMaster Pro APK tadi ke Removable Disk. Anda bisa mempastenya di mana saja, tidak perlu folder khusus. Yang penting, pastikan Anda ingat dimana Anda mempaste file apk tadi.
  • Jika sudah, lepaskan kabel data dan buka File Explorer di HP Anda.
  • Cari file yang dipaste tadi.
  • Tap pada file tersebut untuk memulai proses instalasi.
  • Proses instalasi akan berjalan dengan sendirinya.
  • Jika Anda menggunakan HP untuk mengunduh file KineMaster Pro APK dari link di atas, maka ikuti langkah berikut.
  • Pastikan HP Anda sudah memiliki ijin instalasi aplikasi di luar Google Play Store. Jika belum, silakan kembali ke atas dan lakukan langkah yang diberikan.
  • Buka File Explorer dan buka Folder Downloads.
  • Cari file KineMaster dan tap pada file itu untuk memulai proses instalasi.
  • Selesai, proses instalasi akan berjalan sendiri.

Cara Registrasi Kinemaster Pro

Cara-Registrasi-Kinemaster-Pro

Apapun versi yang Anda pilih, cara memulai editing videonya adalah sama. Berikut adalah ulasan cara registrasi sebagai penutup artikel ini.

Setelah melalui proses download dan instal, sekarang Anda bisa memulai editing video Anda. Untuk melakukan editing video, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

  • Buka Aplikasi KineMaster Pro.
  • Masukkan email dan password.
  • Silakan buka email Anda dan cari email dari KineMaster di inbox atau spam.
  • Buka email tersebut dan klik link yang tersedia.
  • Proses verifikasi selesai. Silakan kembali ke KineMaster dan login sesuai dengan email dan password yang Anda setting.

Selain Kinemaster, tentu saja ada banyak aplikasi video editing lainnya, misalnya saja inShot. Namun, seperti aplikasi-aplikasi gratisan lainnya, fiturnya akan sangat terbatas dibandingkan dengan versi Premium/Pro atau kombinasi dengan versi custom mod nya.

Setiap versi dari Kinemaster Pro memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, semua itu kembali ke pilihan Anda sebagai pengguna. Selain itu, pastikan juga Anda memiliki space yang cukup karena ukuran file setiap jenis berbeda-beda.

Sekarang, Anda sudah bisa mengedit video dengan berbagai fitur profesional yang sudah dibahas di atas. Anda pun tidak perlu lagi khawatir dengan adanya watermark pada hasil editing video. Selamat berkreasi!