Powerdirector Pro

Powerdirector Pro adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video dari ponsel Android, mirip-mirip seperti Kinemaster Pro. Hanya berbekal aplikasi ini saja, Anda bisa melakukan sunting video dengan mudah. Selanjutnya, video bisa langsung dibagikan ke media sosial seperti Instagram atau Youtube.

Berbagai fitur diberikan oleh Powerdirector untuk membuat video yang Anda buat jadi sempurna. Bahkan, ada efek yang menarik, sulih suara, dan berbagai aset menarik lain. Sayangnya, semua kemampuan yang hebat itu hanya bisa didapatkan kalau Anda pakai versi Pro atau Full.

Review Powerdirector Pro

1. Kemudahan Sunting Video dari HP

Kemudahan-Sunting-Video-dari-HP

Menyunting video dengan menggunakan Powerdirector ternyata cukup mudah dilakukan. Berbeda dengan aplikasi versi PC yang merepotkan, menu yang ditawarkan cukup sederhana. Penyuntingan video sederhana bisa dilakukan dengan mudah dalam hitungan menit.

Antarmuka dari aplikasi cukup sederhana dan mudah dioperasikan. Saat pertama menggunakannya Anda mungkin akan merasa kurang familiar. Namun, setelah menggunakannya berkali-kali, aplikasi akan mudah dioperasikan.

Menu yang diberikan oleh pengembang menggunakan Bahasa Inggris. Namun, cukup mudah untuk dipahami karena istilahnya masih standar. Anda cukup mempelajari tutorialnya dan bisa memaksimalkan semua fungsinya.

2. Kelengkapan Fitur untuk Sunting

Kelengkapan-Fitur-untuk-Sunting

Ada banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh Powerdirector Pro pada penggunanya. Salah satu yang paling sering digunakan adalah Quick Editing atau edit cepat. Selanjutnya, ada berbagai jenis efek seperti efek transisi scene, efek animasi, sampai pemberian stiker.

Video yang dibuat bisa dikonversi ke berbagai jenis format dan ukuran yang diinginkan. Fitur lain yang cukup memudahkan dalam sunting video adalah penambahan suara. Anda bisa menambahkan latar belakang musik sesuai keinginan atau melakukan dubbing.

3. Spesifikasi Ponsel yang Bisa Dipakai

Spesifikasi-Ponsel-yang-Bisa-Dipakai

Tidak semua ponsel bisa digunakan untuk menyunting video. Kalau Anda menggunakan ponsel versi lawas, kemungkinan besar tidak akan bisa dipakai. Apalagi video butuh RAM yang besar dan memori internal yang cukup lega.

Kalau ingin menggunakannya, Anda wajib memakai ponsel dengan RAM minimal 2 GB. Memori internal harus ada kelonggaran 2-4 GB. Selain itu chipset yang digunakan juga harus berjenis Snapdragon versi 400 ke atas atau minimal Mediatek MT8125.

4. Kesimpulan

Kesimpulan

Dapat disimpulkan kalau aplikasi sunting video ini sangat bisa diandalkan. Berbagai jenis format video bisa dibuat dan langsung dibagikan. Sayangnya untuk proses sunting yang cepat dan optimal, Anda butuh gadget dengan jeroan yang mumpuni.

Pastikan memiliki gadget yang tepat sebelum menggunakannya. Jika tidak, ponsel akan jadi sangat lemot, bahkan bisa memicu restart ulang dan forced close.

Fitur Powerdirector Pro

1. Kolase Aneka Media

Kolase-Aneka-Media

Dengan memanfaatkan Powerdirector Pro, Anda bisa dengan mudah melakukan kolase dari berbagai media. Jadi, saat mengedit video, tidak hanya format MP4 saja yang bisa digunakan. Anda bisa menggabungkannya dengan gambar atau animasi.

Umumnya kolase dilakukan dalam satu frame atau dibuat menjadi berlapis-lapis atau layer. Misal scene pertama ada beberapa layer yang terdiri dari gambar, video, dan efek. Mainkan imajinasi Anda dengan baik agar video yang dibuat bisa sempurna.

2. Konversi ke Beberapa Format Video

Konversi-ke-Beberapa-Format-Video

Format video yang lazim digunakan adalah MP4 atau MKV. Video itu bisa dibuka di ponsel untuk disunting atau dilihat. Selain itu, kalau Anda menggunakan Powerdirector Pro, berbagai jenis format bisa dibuka untuk disunting sesuai dengan keinginan.

Setelah penyuntingan selesai, Anda bisa segera melakukan ekspor ke dalam galeri. Proses ini umumnya cukup lama. Saat proses dilakukan, Anda bisa mengatur sendiri format apa yang akan dijadikan output. Selain itu, Anda juga harus menentukan resolusi dari video yang diinginkan.

3. Efek Video yang Banyak

Efek-Video-yang-Banyak

Salah satu cara mempercantik video yang sedang dibuat adalah dengan menambahkan efek. Nah, efek ini bisa berupa efek secara visual seperti perubahan warna, penambahan sticker, sampai penambah caption. Selain itu, ada juga efek berupa suara yang sesuai dengan momen.

Versi modifikasi memiliki cukup banyak efek di dalamnya. Tugas Anda adalah bagaimana cara untuk memaksimalkan aset yang dimiliki. Buka dan coba satu-satu agar memahami apa efek yang ditimbulkan.

4. Sunting dan Sulih Suara

Sunting-dan-Sulih-Suara

Elemen video menggabungkan audio dan visual. Nah, elemen audio ini umumnya disunting secara terpisah saat membuat video. Biasanya audio yang ditambahkan bisa berupa suara latar yang enak didengar atau dubbing.

Anda bisa membuat sulih suara yang menarik seperti video lucu yang ada di internet. Prosesnya cukup mudah dilakukan, Anda hanya butuh beberapa layer saja untuk ditumpuk. Anda juga bisa menggabungkan suara tambahan dan musik menjadi jadi.

5. Penambahan Slow Motion

Penambahan-Slow-Motion

Sebenarnya bagian ini masuk ke efek, tapi karena memiliki efek besar, jadi sering dianggap sebagai kelebihan tersendiri. Anda bisa membuat video yang dibuat jadi bergerak lambat agar terlihat menarik. Kebalikan dari slow motion juga ditambahkan kalau Anda ingin mencobanya.

6. Tidak Ada Watermark

Tidak-Ada-Watermark

Terakhir dan sangat penting bagi seorang Youtuber atau pembuat video; hilangnya watermark. Penghilangan watermark ini akan membuat video tampak elegan dan profesional. Meski Anda melakukan sunting dari HP, tidak terlihat adanya perbedaan dengan versi PC.

Download Powerdirector Pro

Download-Powerdirector-Pro

Versi gratis dengan watermark bisa Anda unduh langsung di Playstore. Namun, versi premium yang gratis dari Powerdirector Pro bisa Anda download dengan link di bawah ini.

Cara Install Powerdirector Pro

Cara-Install-Powerdirector-Pro

Unduh dahulu file APK dari Powerdirector Pro yang Anda inginkan dengan link di atas. Anda bisa melakukannya di ponsel atau langsung dari PC. Setelah proses download selesai, jangan langsung dipasang, tapi lakukan langkah di bawah ini.

  • Masuk dahulu ke Setting, pilih Security atau Keamanan.
  • Selanjutnya cari Install Unknown Apps atau yang serupa. Biasanya nama menu ini berbeda di masing-masing ponsel.
  • Aktifkan fitur itu dengan centang atau geser button di samping.

Proses di atas dilakukan agar ponsel mau memasang file APK dari pihak ketiga. Kalau tidak diubah, ponsel akan sulit melakukan pemasangan. Kalau langkah di atas sudah selesai dilakukan, ikuti cara pasang di bawah ini.

  • Cari file yang sudah diunduh, kalau file diunduh dari PC, cukup dipindah ke ponsel via USB atau jaringan nirkabel. Selanjutnya, file hasil download dari ponsel bisa diakses dengan File Manager. Lokasinya di folder Download.
  • Ketuk file untuk melakukan pemasangan.
  • Saat proses pemasangan dilakukan, pastikan tidak ada Powerdirector versi orisinal yang sudah terpasang.
  • Tunggu selama beberapa menit sampai proses selesai.
  • Proses selesai, Anda bisa segera menyunting video.

Versi gratis dari Powerdirector Pro sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk melakukan edit video. Namun, adanya watermark yang sudah dihilangkan membuat video yang dibuat jadi kurang profesional. Untunglah muncul versi modifikasi dengan banyak fitur menarik di dalamnya.

Aplikasi sunting video versi mod tidak hanya menghilangkan watermark saja. Berbagai jenis efek, aset, sampai ke pengeditan suara bisa dilakukan dengan mudah. Segala hal disediakan untuk Anda yang ingin mencoba menjadi seorang Youtuber pemula. Selain menggunakan PowerDirector Pro, Anda juga bisa menggunakan aplikasi video editor lainnya, misalnya InShot Pro dan Cute Cut Pro.