Spotify Premium

Spotify hadir untuk menjembatani antara kreator musik atau lagu dengan penikmatnya. Aplikasi alternatif selain Joox ini menghadirkan jutaan lagu yang bisa didengarkan secara gratis dan legal. Artinya, tidak ada lagi aktivitas unduh lagu format MP3 di situs tidak resmi, lalu dimasukkan ke memori ponsel.

Anda cukup mengunduh Spotify lalu bisa menikmati jutaan musik dengan mudah. Cukup cari judul lagu yang Anda inginkan, lalu putar. Sayangnya, ada biaya langganan untuk layanan Spotify Premium. Kalau Anda ingin aplikasi versi gratis tapi fiturnya premium, simak ulasan di bawah ini, ya!

Review Spotify Premium

Review-Spotify-Premium-scaled

1.Desain dan Kemudahan Saat Dipakai

Secara desain, antarmuka aplikasi terlihat sangat elegan dengan banyak warna yang ditampilkan. Menu ada banyak, tapi mudah dikenali fungsinya. Pemula yang baru saja menggunakan aplikasi, bisa langsung memahami dengan mudah.

Banyak kategori musik yang ditawarkan. Bahkan, Anda bisa mencari nama artis dan mengikutinya. Begitu ada musik baru, Anda bisa segera mengetahuinya. Selanjutnya, segera dengarkan musik yang mereka miliki secara gratis.

2. Keberagaman Konten

Konten yang ditawarkan sangat beragam. Awalnya hanya ada musik atau lagu biasa saja. Namun, seiring dengan naiknya tren radio streaming dan podcast, Spotify menambahkannya. Jadi, Anda bisa memilih lebih banyak konten yang menarik dan kreatif.

Hal yang cukup disayangkan dari Spotify adalah pengkategorian yang kadang salah. Misal, lagu dengan tema tertentu kadang tidak sesuai. Solusi dari masalah ini adalah membuat Playlist sendiri. Anda bisa melakukannya dengan memasukkan aneka lagu sesuai selera.

3. Download Lagu dan Penyimpanan

Versi premium cocok untuk Anda yang sering jauh dari koneksi internet. Lagu-lagu yang sudah diunduh sebelumnya, masih bisa didengarkan. Fungsi ini tidak hadir pada versi biasa atau mod, sehingga tanpa koneksi, aplikasi praktis tidak berguna.

Kalau Anda wajib mendengarkan musik setiap hari, Spotify adalah aplikasi wajib. Namun, kalau hanya sesekali membuka dan mendengarkannya, lebih baik pakai versi gratis. Terlebih biaya langganannya sekitar Rp49.000 per bulan.

Fitur Spotify Premium

1. Dengarkan Musik Tanpa Batas

Dengarkan-Musik-Tanpa-Batas

Versi premium akan memudahkan Anda dalam memilih lagu. Selama ini kalau menggunakan versi gratis, musik akan diputar secara acak. Padahal Anda ingin mendengarkan lagu tertentu. Selain itu, Anda juga bisa memilih jutaan lagu yang tersedia secara bebas.

Intinya begitu menggunakan versi APK Premium, aplikasi langsung jadi perpustakaan musik. Mau mendengarkan lagu tahun 70-an sampai versi terbaru pun ada. Tinggal ketikkan nama artis atau judulnya di kolom pencarian.

2. Bisa Unduh dan Dengarkan Offline

Bisa-Unduh-dan-Dengarkan-Offline

Ingin mendengarkan musik tanpa kuota, unduh track yang Anda sukai. Dengan menggunakan cara ini, Anda bisa mendengarkan musik meski internet mati. Fungsi ini hanya untuk mereka yang langganan saja. Aplikasi versi mod kemungkinan tidak bisa menyimpan juga.

3. Radio dan Podcast

Radio-dan-Podcast

Selain mendengarkan jutaan lagu yang bisa dipilih sesuai keinginan, Anda juga bisa mendengarkan radio. Ada banyak streaming radio yang melakukan siaran di sini. Selain itu ada juga podcast yang menarik dan bisa dipilih sesuai dengan tema.

4. Pilih Lagu Sesuai Tema dan Mood

Pilih-Lagu-Sesuai-Tema-dan-Mood

Saking banyaknya lagu dalam database Spotify, beberapa orang merasa bingung saat menggunakannya. Kalau Anda mengalami hal serupa, coba pilih lagu sesuai dengan tema. Misal mendengarkan musik ala Jepang atau Korea.

Selain itu juga bisa memilih musik sesuai dengan mood. Misal musik kalau sedang sedih, musik saat kerja di pagi hari, sampai musik yang cocok untuk olahraga.

Download Spotify Premium

Download-Spotify-Premium

Ingin mencoba fitur premium seperti memutar semua musik tanpa acak, gunakan APK versi premium. Untuk link download-nya, Anda bisa memakai di bawah ini.

Cara Install Spotify Premium

Cara-Install-Spotify-Premium

Pemasangan aplikasi Spotify Premium tidak bisa dilakukan secara otomatis seperti di Play Store. Anda harus mengikuti beberapa langkah di bawah ini. Jika tidak, file APK tidak akan bisa dipasang dengan sempurna.

  • Salin tautan di atas, lalu tempel di kolom URL browser untuk membukanya.
  • Umumnya ada waktu tunggu sekitar 20-30 detik. Setelah selesai, segera tekan tombol Download.
  • Saat menunggu file download selesai, ubah pengaturan pada ponsel. Caranya dengan masuk ke Setting Security Privacy Install unknown apps – centang agar aktif. (Setiap ponsel memiliki pengaturan yang berbeda, tapi intinya aktifkan bagian Install unknown apps.)
  • Kalau file APK sudah selesai diunduh, segera buka di File Manager yang ada di ponsel. Masuk ke folder Download, lalu cari file sesuai dengan nama di tautan.
  • Ketuk file yang sudah diunduh agar pemasangan dilakukan.
  • Setelah selesai, Spotify bisa segera digunakan.

Tips Memakai Spotify Premium

Tips-Memakai-Spotify-Premium

1. Jangan Mengaktifkan Update Otomatis

Kalau menggunakan aplikasi versi “pengembangan”, ada baiknya untuk tidak mengaktifkan update otomatis. Ubah hal itu di Google Play Store agar aplikasi ini aman dipakai. Kalau pemutakhiran dilakukan, fitur premium akan hilang dan Anda kembali ke versi free.

Cara lain yang bisa dilakukan agar aplikasi tidak update otomatis adalah masuk ke Play Store. Cari Spotify – masuk ke halamannya – ketuk tanda titik tiga di kanan atas – hilangkan centang pada enable auto-update. Dengan begini Anda tidak perlu menghentikan update untuk aplikasi lain.

2. Login dengan Akun Dummy

Masih takut menggunakan versi APK yang premium? Ada baiknya pakai akun dummy atau akun uji coba saja. Misal Anda menggunakan email Google atau akun FB. Selanjutnya, cek apakah ada masalah saat pemakaian. Kalau tidak ada masalah, bisa lanjut pakai akun asli.

Hal seperti ini tidak hanya berlaku pada Spotify Premium saja. Kalau Anda ingin mencoba aplikasi streaming lain yang hadir versi mod-nya, pakai akun dummy dahulu.

3. Atur Ukuran dari Lagu yang Diputar

Aplikasi streaming selalu berbasis koneksi data. Apabila Anda menggunakan aplikasi dengan Wi-Fi kuota tidak akan terlalu dipikirkan. Namun, kalau hanya menggunakan koneksi dari HP, lebih baik atur ukuran dari lagu yang akan diputar. Pengaturan dilakukan untuk mencegah Anda boros dengan kuota.

4. Update secara Berkala

Aplikasi versi modifikasi memiliki update yang lambat. Para pengembang hanya akan melakukan pembaruan kalau versi asli melakukannya. Oleh karena itu, cek secara berkala apakah versi asli sudah melakukan update atau tidak. Jika sudah, cek 1-2 minggu kemudian ke situs modder.

Sebenarnya Anda tidak masalah menggunakan versi lawas. Kalau hanya sekadar dipakai untuk mendengarkan lagu, perubahan tidak akan memengaruhi. Namun, bug akan tetap ada dan bagi beberapa orang cukup mengganggu.

Spotify Premium akan memudahkan Anda dalam mendengarkan musik teranyar dari artis idola. Cukup cari judul lagu atau nama artis yang diinginkan, aplikasi akan langsung menampilkannya. Anda bisa mendengarkannya kapan saja, selama ada koneksi internet.

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, aplikasi modifikasi ini juga masih memiliki kekurangan. Salah satunya adalah tidak bisa diperbarui otomatis. Pastikan mengecek situs modder secara berkala agar mendapatkan versi paling baru yang minim bug.

Sayangnya, Spotify hanya berperan sebagai aplikasi streaming musik online saja. Anda mau membutuhkan aplikasi pemutar video? Anda bisa menggunakan MX Player Pro.