Zarchiver Pro

Zarchiver adalah aplikasi untuk membuat arsip dan melakukan pengekstrakan. Kalau Anda sering mengunduh file di PC, pasti familiar dengan Winrar atau Winzip. Nah, Zarchiver ini adalah aplikasi serupa, tapi diciptakan untuk ponsel Android.

Secara fungsi, aplikasi ini hampir sama dengan versi PC. Dengan Zarchiver Pro, Anda bisa melakukan ekstrak file dengan ekstensi .rar, .zip, dan ekstensi arsip lainnya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengompresan pada file yang hendak dikirim ke orang lain.

Review Zarchiver Pro

1. Perbandingan dengan Versi PC

Perbandingan-dengan-Versi-PC

Aplikasi yang dipakai untuk melakukan ekstrak arsip cukup banyak di Playstore. Namun, tidak semuanya memberikan kemampuan yang cukup powerfull. Sebagian besar aplikasi hanya bisa dipakai untuk melakukan ekstrak pada file tertentu saja, misal .zip dan . rar yang sudah umum.

Kalau Anda menggunakan Zarchiver, kemampuan itu akan terlampaui. Bahkan, bisa menyamai aplikasi serupa pada versi PC. Misal bisa membuka berbagai jenis file dengan mudah. Bahkan, Anda bisa mengintip dulu isi dari arsip sebelum melakukan ekstrak.

Dengan kemampuan yang hampir setara dengan versi PC, Anda bisa memaksimalkannya untuk bekerja. Misal untuk mengirim dan menerima data dari klien dalam bentuk arsip. Selain itu, aplikasi juga cocok untuk Anda yang sering download film dan lagu yang sering berformat .zip atau .rar.

2. Antarmuka dan Kemudahan Saat Dipakai

Antarmuka-dan-Kemudahan-Saat-Dipakai

Desain dari aplikasi ini cukup sederhana. Tidak terlalu banyak komponen atau menu. Begitu masuk ke dalam aplikasi, Anda akan langsung disuguhi folder root dari ponsel. Selain Itu, menu juga tidak terlalu banyak sehingga antarmuka terlihat lebih elegan.

Karena memiliki desain sederhana dan berkonsep hirarki folder, pengguna akan terbiasa. Apalagi sering menggunakan PC. Meski demikian, pelajari beberapa fungsi menu seperti saat melakukan ekstrak ke folder tertentu dan melakukan copy paste.

3. Harga versi Pro

Harga-versi-Pro

Aplikasi ini sebenarnya gratis dan bisa digunakan secara langsung. Namun, kalau ingin versi full agar bisa dipakai untuk membuka aneka ekstensi arsip, Anda harus beli. Harga versi pro sekitar Rp20.000. Cukup murah sebenarnya, apalagi untuk selamanya.

4. Spesifikasi Ponsel yang Cocok

Spesifikasi-Ponsel-yang-Cocok

Hampir semua ponsel Android versi anyar sudah menyematkan File Manager secara default. Namun, aplikasi bawaan itu kerap menimbulkan masalah, khususnya saat melakukan ekstrak arsip. Untungnya ada Zarchiver yang bisa dipakai untuk segala hal.

Tidak ada syarat spesifikasi ponsel yang bisa dipasang aplikasi ini. Umumnya, ponsel keluarkan 2016 ke atas bisa dipakai untuk membukanya. Bahkan, Android versi lawas seperti Ice Cream Sandwich masih bisa dipakai.

5. Kesimpulan

Kesimpulan-1

Kalau Anda sering mengunduh file, bekerja dari ponsel, dan ingin menghapus file yang tidak perlu, aplikasi ini wajib dipakai. Apalagi ukurannya sangat kecil, ponsel dengan sisa internal 1 GB pun masih bisa memakainya.

Fitur Zarchiver Pro

1. Membuat Aneka Jenis Arsip

Membuat-Aneka-Jenis-Arsip

Pembuatan arsip sebenarnya bisa memakai File Manager di ponsel. Namun, tidak semua jenis file bisa dibuat. Umumnya hanya file dengan ekstensi .rar atau .zip saja yang bisa dibuat. Selebihnya, tidak akan bisa dibuat karena aplikasi bawaan tidak mendukung.

Kalau Anda menggunakan Zarchiver, semua jenis ekstensi file bisa dibuat dengan mudah. Cukup masukkan file dalam satu folder lalu lakukan konversi. Saat proses akan dilakukan, Anda bisa memilih sendiri jenis ekstensi apa yang akan dipakai.

2. Mengekstrak Arsip dengan Mudah

Mengekstrak-Arsip-dengan-Mudah

Mau mengekstrak file Video yang nantinya akan diputar di PowerDirector Pro?Bisa dengan Zarchiver. Proses ekstrak file akan mudah kalau memakai Zarchiver. Kemudahan ini membuat Anda bebas untuk melakukan ekstraksi ke berbagai jenis ekstensi. Bahkan, ekstensi selain .rar pun kemungkinan besar masih bisa diekstrak dengan mudah.

Selain pengekstrakan arsip biasa, Anda juga bisa melakukannya pada file yang dilindungi oleh password. Biasanya file seperti ini agak sulit kalau dibuka di ponsel. Namun, dengan bantuan Zarchiver, hal seperti itu tidak akan terjadi. Yang penting Anda tahu kata kunci untuk membukanya.

3. Mengintip Sebelum Ekstrak

Mengintip-Sebelum-Ekstrak

Sebelum melakukan ekstraksi, ada baiknya untuk melihat dahulu file yang ada di dalamnya. Apakah file itu memang sudah lengkap, benar jenisnya, atau malah berisi hal lain. Kalau memang sudah sesuai, Anda bisa segera melakukan ekstraksi di folder mana pun.

Selama ini kalau ingin mengintip file, Anda harus menggunakan PC. Namun, hanya dengan Zarchiver saja, Anda bisa melakukan semuanya dengan mudah.

4. Mudah Melakukan Edit

Mudah-Melakukan-Edit

Saat melakukan kesalahan pengarsipan, beberapa orang akan mengulanginya dari awal. Kalau Anda menggunakan Zarchiver Pro, hal semacam itu tidak akan terjadi. Misal, saat salah penamaan file dalam archive, Anda bisa melakukan proses rename dengan cepat.

5. Membuka Arsip Via Email

Membuka-Arsip-Via-Email

Saat menggunakan ponsel, Anda pasti berpikir dua kali kalau mau unduh data di email yang sangat besar. Nah, agar tahu apa isi arsip yang ditautkan ke email, Anda bisa menggunakan Zarchiver. Prosesnya sama saja dengan poin nomor tiga, Anda bisa mengintip dahulu.

Download Zarchiver Pro

Download-Zarchiver-Pro

Versi standar yang gratis dari Zarchiver bisa Anda unduh di Playstore. Namun, untuk versi pro yang gratis, Anda bisa mengunduhnya melalui tautan di bawah ini.

Cara Install Zarchiver Pro

Cara-Install-Zarchiver-Pro

Sebelum memasang aplikasi dalam bentuk APK, ada dua hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, unduh di tempat yang aman. Kedua, melakukan pengaturan fungsi keamanan agar mengizinkan APK dari pihak ketiga. Simak langkah di bawah ini untuk melakukannya.

1. Mengunduh File yang Aman

  • Cek dahulu versi terbaru dari aplikasi di Playstore. Hal ini dilakukan untuk mengetahui versi APK yang aman.
  • Gunakan tautan di atas untuk melakukan download.
  • Tunggu selama beberapa saat sampai tombol Download muncul.
  • Segera tekan Download dan tunggu prosesnya sampai selesai.

2. Pengaturan Keamanan dan Instalasi

Masing-masing ponsel Android biasanya memiliki Pengaturan atau Setting yang berbeda-beda. Meski demikian, secara umum cara pengaturan keamanan dan instalasi bisa dilakukan dengan cara berikut.

  • Ubah pengaturan ponsel agar mau memasang APK selain dari Playstore. Caranya masuk ke Setting Security Privacy Install Unknown apps – aktifkan.
  • Kalau Anda sulit menemukannya, bisa dicari di kolom search yang ada di Setting. Gunakan kata kunci “Unknown”. Nanti akan muncul bagian pengaturan itu.
  • Setelah “Install Unknown apps” diaktifkan, Zarchiver Pro versi APK bisa dipasang.
  • Buka folder penyimpanan, gunakan File Manager, masuk ke folder Download.
  • Setelah menemukan file, segera ketuk dan proses pemasangan berjalan.
  • Tunggu sampai selesai dan Zarchiver bisa segera dipakai.

Zarchiver Pro merupakan aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh semua pengguna ponsel pintar. Apalagi Anda sering sekali mengunduh file berupa aplikasi, video, atau lagu. Dengan bantuan Zarchiver, proses ekstrak bisa dilakukan secara langsung tanpa harus dipindah ke PC.

Lebih lanjut, aplikasi versi pro yang sudah dimodifikasi bisa memberikan semua fitur unggulan. Zarchiver tidak hanya digunakan untuk membuat berbagai jenis ekstensi arsip saja. Anda juga bisa menyisipkan kata kunci di arsip sampai menyatukan file unduhan dalam bentuk part.

Butuh aplikasi pengontrol koneksi? Anda bisa mendownload NetCut Pro dan Anonytun Pro.